Internet Of Things

Internet Of Things

dalam Dunia Perbankan

download

Oleh:

Fitria Rizqa – 12115750

2KA01

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA

2017

 

Internet, merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang terbesar dan juga terluas yang ada di dunia. Pada dasarnya, internet dapat diartikan sebagai interconnection network, atau bisa juga disebut dengan intenational network. Agar bisa melakukan koneksi internet, setiap komputer harus memliki protocol, yang dikenal dengan Transmission Control Protocol / Internet Protocol. Barulah kemudian, ISP alias internet service provider memberikan akses koneksi internet ke komputer user.

Manfaat internet yang paling terasa adalah di bidang ekonomi. Salah satu bagian dari bidang ekonomi adalah bidang perbankan. Ya, bidang perbankan, atau yang dalam konteks ini merupakan bagian dari fungsi – fungsi bank sudah memperoleh banyak manfaat dengan adanya internet. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari internet bagi perbankan :

  1. Internet Banking

Internet banking merupakan salah satu inovasi perbankan di bidang internet yang sangat bermanfaat dan juga berguna bagi para nasabah. Dengan bermunculannya online shop dan juga e – commerce yang mendunia, maka penggunaan internet banking sudah sangat populer. Berikut ini adalah beberapa kelebihan internet banking :

  • Mudah dalam melakukan transaksi transfer, pengeeckan saldo, mutasi, dan pebayaran melalui ATM.

ATM (Anjungan Tunai Mandiri), merupakan salah satu teknologi sistem informasi yang digunakan oleh hampir semua bank. ATM sendiri merupakan alat kasir otomatis tanpa orang, ditempatkan di dalam atau di luar pekarangan bank, yang sanggup untuk mengeluarkan uang tunai dan menangani transaksi-transaksi perbankan yang rutin. ATM merupakan salah satu teknologi yang menerapkan konsep Proses Data berbasis digital, dimana kompenen alat ini terbagi menjadi dua yakni hardware dan software. Hardwarenya adalah PC dan device interface ATM sendiri dan software yang menjalankan dan mengatur semua pencatatan transaksi.

thumbw480_photo1

  • Tidak perlu repot mencari ATM terdekat, ataupun mengantri di teller

Pengguna bisa menggunakan ATM hanya dan hanya jika bila memiliki kartu ATM. Kartu ini sendiri merupakan alat yang di dalamnya merupakan Magnetic strip yang merupakan bahan plastik yang dilapisi dengan sistem magnet. Informasi yang terdapat dalam sistem magnit tersebut adalah data pribadi pemiliki kartu, nomor rekening, dan nomor aksesnya. Semua informasi tersebut hanya bisa dibaca oleh komputer yang miliki teknologi dan dirancang khusus untuk membaca seluruh informasi tersebut.

Proses menggunakan ATM, pertama kartu ATM dimasukkan ke dalam mesin. Magnetic Card Reader akan membaca magnetic system yang ada dalam kartu. Setelah dibaca data akan dikirim ke sistem komputerisasi bank, karena dalam magnetic card reader tidak memiliki memori maka tidak ada data yang tersimpan. Saat sudah masuk ke sistem bank, maka mesin akan meminta dimasukkan kode PIN. Setelah dimasukkan, data tersebut akan di enkripsi dan dikirim kembali ke sistem komputerisasi bank untuk diverifikasi. Data akan dikirimkan kembali ke mesin.

Jelaslah bahwa manfaat dari ATM ini begitu efektif dan efisien dalam pelayanannya, pengoperasiannya pun relatif cukup mudah, tetap melayani 24 jam dan di hari libur, keamaan dan privasi tetap diutamakan, dapat dijumpai di tempat-tempat yang strategis.

  • Response time yang cepat, sehingga meningkatkan efektivitas waktu

Saat ini, hampir setiap bank, baik swasta maupun BUMN yang besar memiliki fasilitas internet banking ini untuk membantu memberikan kenyamanan nasabahnya dalam melakukan transaksi secara elektronik tanpa perlu repot mengantri di ATM ataupun di teller.

  1. Update informasi realtime kurs valas dan juga saham dari lantai bursa

Bagi anda yang senang bermain saham dan juga valas, salah satu sumber informasi kurs dan juga nilai tukar ataupun mengenai transaksi saham dapat anda lakukan melalui internet. Biasanya, banyak bank yang ikut mencantumkan kurs valas dan informasi penting lainnya di dalam website atau situs resminya. Hal ini tentu saja sangat mempermudah para pemain lantai bursa dan juga valas agar dapat memperoleh informasi yang lebih tepat, akurat, dan juga cepat, karena bisa dilakukan di rumah saja dengan sangat mudah dan juga prkatis.

  1. Customer Service

download

Perbankan juga memiliki layanan customer service. Bagi anda yang memiliki masalah dengan kartu ATM anda token internet banking, ataupun masalah dengan akun bank anda, maka anda bisa menghubungi customer service via email. Anda juga bisa menanyakan informasi – informasi penting mengenai produk suatu bank melalui cutomer service online, yang biasanya menggunakan email.

 

SUMBER

17 thoughts on “Internet Of Things

Leave a comment