Trend Inovasi Masa Depan

5G network

Inovasi Masa Depan

download

Oleh:

Fitria Rizqa – 12115750

2KA01

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA

2016

 

Mulai dari ponsel pertama ke 4g lte, industri telekomunikasi telah banyak berubah dalam beberapa dekade terakhir. Jelas, industri telekomunikasi terus bergerak maju, dan target berikutnya akan secara alami 5 generasi, 5g, menjanjikan kecepatan 100 sampai 1000 kali lebih cepat dari kecepatan saat ini teknologi 4g lte. Ini berarti anda dapat men-download film hanya dalam beberapa detik. Lebih penting lagi gelombang 5g membuat peralatan baru, koneksi internet beroperasi sangat hemat energi.

download-3

5g adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan generasi teknologi jaringan mobile kelima yang akan datang. Saat ini, 5g tidak menunjuk ke tipe teknologi tertentu. Ketika 4g memiliki sinonim dengan lte (long term evolution), belum ada standar jaringan 5g yang disepakati bersama. Namun, beberapa teknologi pendukung sepertinya sudah mulai bermunculan. Jika dibandingkan dengan koneksi 4g, kualitas utama dari jaringan 5g adalah kecepatannya jauh di atas 4g. Kecepatannya akan jauh lebih cepat dibandingkan jaringan yang ada saat ini.

Dugaan tentang kecepatan jaringan 5g muncul beragam, namun beberapa pemain kelas kakap industri ini menggambarkan tentang di mana posisi 5g. Samsung mengklaim kecepatan 5g sebesar 7,5 gbps sementara nokia mengklaim 10 gbps, sedangkan tahun lalu, kecepatan 5g yang ditangani oleh university of surrey mencapai 1 tbps, sebuah kapasitas yang sama dengan fiber optik. Ini amat sangat menakjubkan untuk jaringan nirkabel. Namun, semua pengujian itu dilakukan sesuai kondisi laboratorium. Yang dibutuhkan adalah perkiraan kecepatan akhir dari jaringan 5g yakni pengujian di lapangan.

Pertama, kita perlu tahu bahwa 5g saat ini sedang dalam tahap pre-pembangunan. Organisasi jaringan belum merilis standar tertentu. Komisi komunikasi federal fcc (federal communications commission) telah dimulai hanya tertarik pada pita frekuensi yang lebih tinggi terbuka untuk menggunakan teknologi untuk telekomunikasi generasi berikutnya. Tapi sementara beberapa ahli dalam industri dan perusahaan yang memproduksi komponen, peralatan telekomunikasi diberikan pandangan mereka, kita juga melihat potret yang lebih spesifik, sedikit lebih detail tentang apa yang kita kita harus mengharapkan dan ketika kita akan mengalami teknologi baru.

5g berdiri dari generasi 5, generasi ke-5 dari jaringan mobile. Setiap generasi sesuai dengan seperangkat persyaratan tertentu, menentukan kualitas peralatan dan sistem jaringan untuk memenuhi standar yang diperlukan sepenuhnya kompatibel dengan sistem jaringan lainnya. Setiap generasi juga menggambarkan teknologi baru, membawa kemampuan komunikasi baru. Rancangan 5g memungkinkan kita bisa men-download film hanya dalam beberapa detik. 5g bisa 1.000 kali lebih cepat dari 4g. Bahkan, 5g bisa mencapai hingga 10 gbps (gigabit per detik), bahkan lebih tinggi, dan di daerah cakupan pinggiran, kecepatan masih dapat memperoleh dari 1 sampai beberapa ratus mbps.

images-1

5g dengan kecepatan dan bandwidth yang lebih tinggi  juga dilengkapi komunikasi yang lebih baik antara perangkat. Misalnya, rumah pintar yang dilengkapi dengan teknologi 5g dapat berkomunikasi dengan sensor untuk update status instan tanpa perlu untuk bandwidth yang sangat besar atau untuk menerima sinyal dari jarak, apa pesan ini membuktikan menjadi waktu respon yang cepat. Perangkat mendukung 5g mungkin memilih frekuensi yang tepat untuk mengirim sinyal tepat, berdasarkan pada jenis data yang dikirim.

jaringan seluler 5g menggunakan gelombang milimeter. Fcc mengeluarkan catatan pada pembukaan mei 10/2014 gelombang milimeter (di atas frekuensi 24ghz) teknologi digunakan untuk 5g. Jika rentang frekuensi yang digunakan, itu sangat dapat meningkatkan kecepatan dan bandwidth nirkabel.

Pada tahun 2.018 mendatang, jaringan 5g mungkin akan baru mulai muncul. Tapi untuk mengetahui 5g akan benar-benar terjadi, bagaimana fitur, maka mungkin kita harus menunggu sampai pertengahan tahun depan. Produsen juga harus mengambil waktu untuk penelitian dan mengembangkan produk dan layanan untuk 5g mungkin harus berakhir 2019, jaringan 5g baru mungkin menjadi lebih jelas.

Apa yang akan terjadi dengan 4g? Sesuatu yang mengkin jadi pertanyaan. Saat ini, 3g tetap pada gambar 4g. Oleh karena itu, adalah mungkin bahwa ketika 4g akan tetap muncul 5g, 4g bahkan terus pembangunan di arah tertentu. Sementara industri telekomunikasi masih berusaha untuk memasukkannya ke operator 5g publik dan vendor terkait yang paralel juga akan terus mengembangkan jaringan 4g lte. Menurut t-mobile, kami telah mengembangkan menggunakan 5g pasti sesuatu yang akan beroperasi 5g kompatibel dengan 4g. Namun dengan teknologi yang lebih tua seperti 3g dan 2g, mereka perlahan-lahan akan hilang dan tidak akan kompatibel dengan 5g.

images-2

 

Jaringan internet 5g memiliki kecepatan internet yang tinggi dengan lancar, meski mereka sedang berada di kereta berkecepatan sampai 500 kilometer per jam. Selain itu, dengan teknologi jaringan internet 5g, pengguna mampu melakukan download film 800 mb dalam waktu sedetik saja. Sementara jaringan 4g membutuhkan waktu sekitar 40 detik untuk melakukan hal yang sama.

Salah satu contoh negara adalah Korsel yang dikenal sebagai salah satu negara dengan kecepatan internet super cepat. Jika memang nantinya teknologi jaringan internet 5g berhasil diterapkan secara umum, maka diharapkan dapat membantu laju ekonomi korsel nantinya. Proyek 5g diharapkan menyumbang 331 triliun won pada ekonomi korsel di tahun 2020 sampai 2026.

Kapan jaringan 5g akan bisa dinikmati? Suatu pertanyaan bagi sebagian orang-orang yang penasaran akan hal ini. Sebagian besar perkiraan jatuh pada tahun 2020 sebagai awal peluncuruan teknologi jaringan 5g. “rasanya tepat jika industri mobile akan mengkomersilkan jaringan 5g pada tahun 2020,” kata takehiro nakamura dari ntt docomo di lokasi uji coba jaringan 5g bulan oktober 2015 lalu. Sementara huawei ingin mengembangkan standar 5g bisa berfungsi pada tahun 2018, meskipun tentu saja rasanya mungkin belum bisa dihadirkan pada tahun itu.

Kira-kira kapan ya 5g bisa hadir di Indonesia? download (4).jpg

SUMBER

15 thoughts on “Trend Inovasi Masa Depan

Leave a comment